Kamis, 05 Februari 2015

Persiapan Sebelum Menulis

Sebelum melakukan kegiatan menulis setidaknya ada beberapa persiapan menulis yang harus dilaksanakan. Baik itu dari segi fisik ataupun mental. Hal ini perlu dilakukan agar kegiatan menulismu tidak terhambat di tengah jalan. Tentu saja seorang penulis perlu meminimalisir kebuntuan saat melakukan kegiatan menulis, karena jika hal itu terjadi padamu di tengah jalan maka fokus akan buyar dan ujung-ujungnya kegiatan menulis bisa terhenti. Ada beberapa persiapan sebelum menulis yang harus kamu lakukan, apalagi untuk kamu yang baru belajar menulis. (baca juga: http://ayotuliscerita.blogspot.com/2015/02/belajar-menulis.html)

Baiklah, berikut ini persiapan fisik yang perlu kamu lakukan:

Pertama, siapkan kertas, pena atau perangkat menulis lainnya. Jika kamu menulis secara manual, lebihkan porsi kertas dan pena untuk jaga-jaga. Siapkan peraut pencil atau penghapus jika kamu menggunakan pensil. Namun ketika kamu menggunakan PC/laptop hal yang perlu dipersiapkan adalah cek kondisi baterai dan aplikasi pengolah kata. Pastikan fitur autosave pengolah katamu aktif.

Kedua, siapkan kamus. Menyiapkan kamus ini penting jikalau kamu perlu mencari perbandingan diksi atau mengartikan kata-kata yang sulit. Untuk mengecek sebuah kata baku atau tidak dan segala macam.

Ketiga, referensi. Siapkan buku atau referensi apapun sebelum kamu menulis, agar tulisannya tidak sekadar mengada-ada. Nama lainnya adalah riset.

Keempat, siapkan cemilan atau apapun yang membuat kegiatan menulismu menyenangkan. Hal ini untuk menghindari jemu saat menulis beberapa puluh menit atau beberapa jam!

Selain persiapan fisik, aspek non-fisik berikut ini juga penting:

Pertama, jenis tulisan yang ingin kamu buat. Sebelum menulis kamu tentu sudah memutuskan ingin menulis apa. Fiksi atau non fiksi. Kemudian turunan dari salah satunya. Apakah itu prosa atau syair. Apakah itu opini atau karya tulis ilmiah.

Kedua, genre. Jika kamu menulis fiksi atau opini, hal selanjutnya yang harus kamu tentukan adalah genre. Apakah itu fiksi dewasa, remaja atau anak-anak. Apakah itu opini tentang sosial, lingkungan, hukum dan lain-lain.

Ketiga, tema. Tema tulisan penting agar tulisanmu tidak lari ke mana-mana.

Keempat, latar atau objek kajian serta unsur instrinsik lainnya. Sempurnakan tulisanmu dengan kelengkapan-kelengkapan lainnya.

Nah, itulah persiapan sebelum menulis yang dapat saya bagikan. Mungkin kamu punya cara yang lain. Bagaimana kalau kita berbagi dengan menuliskannya di kolom komentar. Semangat menulis!

Share this article :

1 komentar:

Terimakasih telah membaca, sebelum komentar mohon diisikan nama dan tautan blog kamu, atau minimal tautan akun sosial media kamu agar saya bisa berkunjung. Terimakasih.

 

Belajar Menulis Copyright © 2015 Minima Template. Designed by BTDesigner . Powered by Blogger