Kamis, 05 Februari 2015

Cara Menemukan Gaya Menulis

Setiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing, termasuk di dalam hal tulis-menulis. Ciri khas itu disebut warna, dalam hal tulis-menulis bisa jadi itu gaya menulis. Tentang gaya menulis ini, banyak orang yang sering dibuat pusing untuk menemukannya. Mereka sering berpikir gaya menulis seperti apa yang mereka harus kembangkan. Menurut saya, tidak usah terlalu pusing-pusing, saking pusingnya sampai tidak optimal dalam persiapan menulis (baca: http://ayotuliscerita.blogspot.com/2015/02/persiapan-sebelum-menulis.html). Nah, bagaimana kalau lakukan langkah-langkah berikut ini:

Pertama, kenali dirimu terlebih dahulu. Pernah dengar tentang konsep kepribadian? Ada yang bersifat koleris, ada yang sanguinis, melankolis dan plegmatis. Gaya menulis juga akan ditentukan dari sana. Orang bertipikal melankolis akan mendayu-dayu dalam tulisannya. Orang yang koleris akan terkesan garang dan to the point. Sementara mereka yang sanguinis akan menggebu-gebu dalam bercerita. Sebaliknya mereka yang plegmatis akan mengalir santai dengan kejutan-kejutan yang tersimpan.

Kedua, kenali kecendrunganmu dalam menggambarkan sesuatu. Jika kamu diminta untuk menggambar suasana malam yang mencekam, bagaimana kamu akan menceritakannya? Ada penulis yang menggambarkan kesan mencekam lewat narasi yang kuat, sebaliknya ada juga dengan deskripsi yang kuat. Selain itu ada yang bisa menggunakan keduanya. Kalau kamu bagaimana?

Ketiga, latar belakang kamu apa? Latar belakang seseorang akan menentukan gaya menulisnya. Bisa jadi itu latar belakang sosial, latar belakang akademik, budaya dan segala macamnya. Jika kamu orang sains, menulis dengan sentuhan sains akan lebih mudah, begitu pula jika kamu orang sosial dan sebagai macamnya.

Keempat, dari apa yang sering kamu baca atau nikmati. Seseorang cenderung mengikuti hal-hal yang ia senangi. Jika dia sering membaca fiksi fantasi maka dia akan senang menulis genre yang sama, begitu juga lainnya. Sadar tidak sadar, apa yang sering kita geluti akan mempengaruhi pribadi kita.

Kelima, terakhir, yakinkan dirimu tentang tujuan apa yang hendak kamu capai saat menulis. Dengan tujuan yang jelas, kegiatan menulis akan terarah.

Nah, itulah sedikit tentang cara menemukan gaya menulis dari saya, jika kamu punya cara yang lain mari berbagi di kotak komentar. Keep writing!

Sumber gambar: seekingintellect.com

Share this article :

9 komentar:

  1. Biasanya gaya tulisanku akan sama seperti buku yang barusan aku baca :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti si penulis buku berhasil 'menyihir' pembacanya :D

      Hapus
  2. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    BalasHapus
  3. kepribadian saya plegmatis, melankolis juga, udah ikut tes beberapa kali, hasilnya sama, tapi kalau dalam menulis gak mendayu-dayu juga sih, malah kesannya frontal,, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti mbak anti-mainstream, hehe. bagaimanapun gayanya yang penting maksud tulisan sampai, amanatnya :D

      Hapus
  4. kalo soal nulis , saya cuma numpahin pikiran saya ketulisan saya ga tau deh gayanya apa

    BalasHapus
  5. Mantap gan pencerahannya XD untungnya gue udah lakuin semua langkah nya :D

    BalasHapus
  6. tips yang bermanfaat untuk menemukan gaya menulis.Terimakasih tipsnya membantu :)

    BalasHapus

Terimakasih telah membaca, sebelum komentar mohon diisikan nama dan tautan blog kamu, atau minimal tautan akun sosial media kamu agar saya bisa berkunjung. Terimakasih.

 

Belajar Menulis Copyright © 2015 Minima Template. Designed by BTDesigner . Powered by Blogger